Berbagi dan Berkolaborasi #PembaTik - Level 4

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam Sahabat Rumah Belajar di seluruh tanah air.

Tiada disangka dan tak pernah terlintas perjalanan saya pada kegiatan PembaTik 2023 sampai pada level puncak - level 4. Bukan perjalanan yang mudah dan singkat untuk sampai di titik ini, tanpa harus meninggalkan tugas utama saya sebagai guru di SMKN 1 Masbagik

Pada level 4 ini peserta melakukan beberapa kegiatan berbagi dan berkolaborasi dengan tema "Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar" dimana kegiatan tidak hanya direncanakan, dilaksanakan namun juga direfleksikan dalam tampilan vlog yang memuat seluruh dokumentasi kegiatan dan dinarasikan dalam blog masing-masing peserta.


Penasaran bagaimana kegiatan saya di level ini ?

Kegiatan di level ini dilakukan secara mandiri maupun berkolaborasi dengan instansi tempat tugas peserta dan Sahabat Pembatik 2023 baik secara daring (tatap maya) dan luring (tatap muka). Kegiatan di level 4 ini dimulai dari tanggal 6 Oktober sampai dengan 25 Oktober 2023.

KEGIATAN 1

Pertama kali yang saya lakukan pada level 4 ini adalah melapor kepada Bapak Kepala SMKN 1 Masbagik (Bapak Makbuludin, S.Pd., M.Pd) serta meminta ijin untuk melakukan kegiatan berbagi dan berkolaborasi selama kurun waktu yang telah ditetapkan. Sambutan dari Bapak Kepala Sekolah saya sangat luar biasa, beliau memberikan dukungan penuh dengan memberikan peluang waktu kepada saya untuk melakukan kegiatan PembaTik di sela-sela melaksanakan tugas dan kewajiban saya sebagai guru di sekolah ini.

KEGIATAN 2 

Kuliah Umum PembaTik Level 4            
                                                                                                    

Kegiatan Kuliah Umum PembaTik Level 4 yang diselenggarakan oleh Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) - Kemendikbudristek yang dilaksanakan pada hari Senin, 9 Oktober 2023 secara daring melalui kanal youtube Kemendikbud RI dan Rumah Belajar Kemdikbud dengan tujuan untuk membekali peserta PembaTIK level 4 dengan wawasan :
  1. Membangun Mindset Inovator dalam Ekosistem Digital Pendidikan
  2. Pemanfaatan Platform Pembelajaran Digital yang Membelajarkan
  3. Komunikasi Digital, Kolaborasi dan Public Speaking
KEGIATAN 3

Sinkronus Pembatik Level 4 - Propinsi NTB

Flyer Sinkronus

Kegiatan kedua diikuti oleh peserta PembaTik level 4 adalah Sinkronus Pembatik Level 4 yang diselenggarakan oleh masing masing propinsi yang sudah ditetapkan waktunya antara tanggal 10-13 Oktober 2023 melalui G-Meet. Pada kegiatan ini duta teknologi masing-masing propinsi memberikan gambaran dan penjelasan akan pelaksanaan kegiatan di PembaTik tahun 2023 dan dilakukan tanya jawab untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci.

KEGIATAN 4

Kegiatan Berbagi dan Berkolaborasi Tatap Muka

Berbagi - berdiskusi dengan teman sejawat, guru hebat di SMKN 1 Masbagik dalam pemanfaatan PMM (Platform Merdeka Mengajar), mengikuti pelatihan mandiri dan mendiskusikan model aksi nyata yang dapat dibagi melalui platform tersebut untuk mendukung kurikulum merdeka mengajar.

Mengimplementasikan pemanfaatan platform quizizz secara online dan offline dalam pembelajaran informatika di SMKN 1 Masbagik. Anak-anak generasi Z saat ini menyukai segala hal yang berbau digital dan dengan adanya model pembelajaran seperti ini mereka lebih tertarik, bersemangat untuk belajar dan mencari hal-hal yang baru yang menunjang model pembelajaran PBL. 

Berbagi praktik baik pemanfaatan platform wordwall.net untuk menunjang proses pembelajaran juga saya implementasikan pada pembelajaran informatika di waktu yang lain dengan situasi kelas dan materi yang berbeda. Dengan menggunakan platform ini pembelajaran menjadi lebih bervariasi dan secara tidak sadar meski sambil bermain mereka sedang menyerap materi yang dikemas sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.

Setelah saya mengimplementasi 2 model pembelajaran pada saat mengajar, saya meminta waktu kepada Bapak Kepala Sekolah untuk melakukan diseminasi platform wordwall.net pada waktu jeda selesai pelaksanaan upacara bendera sehingga tidak banyak menyita waktu belajar siswa.

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang guru dan diikuti oleh guru normadaf dan produktif SMKN 1 Masbagik. Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Bapak Kepala Sekolah dengan harapan guru yang lain juga akan ikut serta andil di ajang PembaTik di tahun 2024.

KEGIATAN 5

Kegiatan Berbagi dan Berkolaborasi Tatap Maya

Kegiatan berbagi praktik baik secara daring saya lakukan dengan cara berkolaborasi dengan sahabat teknologi dari Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram, kami mengisi acara Berugak Kita di RRI 4 Mataram dalam bentuk talkshow. 
Kegiatan talkshow didokumentasikan di kanal youtube RRI Mataram Official
Simak disini ya ...



Kegiatan maya yang kedua yang menjadi kegiatan wajib yang harus dilaksanakan adalah membuat webinar melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM) melalui komunitas Sahabat Teknologi NTB 2023.
Untuk kegiatan ini sudah ditentukan rentang waktu pelaksanaannya yaitu antara tanggal 17 s.d 21 Oktober 2023 dan itu untuk semua propinsi sama.

Dalam kegiatan webinar tersebut saya berkolaborasi dengan Sahabat Duta Teknologi NTB dari Kota Mataram, Kab. Lombok Timur dan Duta Teknologi NTT dengan mengangkat tema Implementasi Media Berbasis IT untuk Menunjang Model Pembelajaran PBL. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari jum'at, 21 Oktober 2023 pada pukul 16.30 - 18.00 WITA dan diikuti oleh 23 peserta yang terdaftar di daftar hadir, sedangkan sesuai kenyataan dari rekaman webinar jumlah peserta lebih dari itu namun karena kendala sinyal beberapa peserta terlempar dari ruang meeting. 






Di luar kegiatan yang telah dilalui di atas, saya juga mengimplementasikan pemanfaatan fitur google site dan akun belajar.id untuk memudahkan kolaborasi dan berbagi media antar tim media publikasi di SMKN 1 Masbagik dan berbagi beberapa hasil kegiatan dengan sesama sahabat teknologi seperti pembuatan profil dengan media canva.

Alhamdulillah semua terlewati dengan lancar jikapun ada kendala, itu merupakan hal yang wajar dan secara teknis dapat teratasi. Secara keseluruhan rangkaian kegiatan pada level 4 dapat dilihat di Vlog yang sudah saya upload di kanal youtube saya.

Selamat menyaksikan dan jangan lupa, like dan komentarnya ya ?


Terima kasih atas kunjungan ke blog saya sebelum saya akhiri, ijinkanlah saya menutup cerita  saya dengan pantun 

Kalau mau pergi ke Perigi, jangan lupa lewat Masbagik
Jangan mau ketinggalan teknologi, ikuti terus ajang PembaTIK.
Labuhan Haji dekat Suryawangi, pilihlah saya menjadi Duta Teknologi.

Wassalamu'alaikum. wr. wb.

Jangan lupa tinggalkan jejak digital Anda di kolom komentar di bawah ini.

14/Post a Comment/Comments

Berikan komentar yang membangun, cantumkan identitas Anda (account e-mail) agar kami dapat follow up apa yang Anda inginkan ...
Terima Kasih atas komentar Anda !

  1. Inovasi yang dibutuhkan untuk pembelajaran saat ini, semoga ke depan semakin banyak inovasi yang dikembangkan dan bermanfaat bagi dunia pendidikan

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah dengan adanya pembelajaran yang berbasis teknologi kita semakin di permudah dalam pembelajaran.

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas kunjungannya di blog saya

    BalasHapus
  4. Dengan adanya inovasi dalam pembelajaran sehingga menjadikan pembelajaran menarik dan sangat mudah dalam pemahaman serta pelaksanaan,semoga bermanfaat untuk pendidikan dan pembelajaran masa depan

    BalasHapus
  5. Dengan adanya media pembelajaran yang berbasis teknologi kita di permudah di proses pembelajaran.

    BalasHapus
  6. Terima kasih atas sharing praktik baik pemanfaatan platform wordwall.net untuk menunjang proses pembelajaran. Dengan menggunakan platform ini pembelajaran akan lebih menarik bagi peserta didik.
    Semangat dan sukses bu Indri👍🏻

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah kereenn, 😇semoga mempermudah Proses pembelajaran , dan menambah minat siswa dalam kegiatab Belajar👍👍👍

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Teknologi menjadi unsur yang sangat penting di era sekarang ini, terlebih lagi dalam bidang pendidikan. Semangat dan maju terus tuk jadi Duta Teknologi yang siap berbagi ilmu pengetahuan.

    BalasHapus
  10. Keren banget, semangat terus

    BalasHapus
  11. Dengan inovasi yang kreatif, akan memberikan dampak yang semakin bagus untuk perkembangan pendidikan indonesia

    BalasHapus
  12. Terima kasih atas semua masukannnya

    BalasHapus
  13. Saya ucapkan selamat buat bu Indri atas pencapaian yg luar biasa sampai kepada level ini semoga bisa menjadi duta NTB 2023

    BalasHapus

Posting Komentar

Berikan komentar yang membangun, cantumkan identitas Anda (account e-mail) agar kami dapat follow up apa yang Anda inginkan ...
Terima Kasih atas komentar Anda !

Posting Lama

Posting Baru