Mengenal Format Partisi MBR dan GPT

Lama tak menulis disini, segala sesuatu sudah semakin berkembang dan banyak hal baru yang harus kita pelajari. Ini salah satunya format partisi. Selama ini sebelum keluar OS windows 8 dan windows 10 kita tidak pernah memikirkan jenis partisi Hardisk kita kenapa ?

Ya simple jawabannya, karena tidak pernah terjadi error pada saat install OS di laptop ..😅😅😅. Namun pada saat kita install OS win 8 / 10 di laptop sekarang kadang muncul 
windows cannot n bla .. bla ,.. bla ...

Image result for gambar gagal instal OS karena salah partisi

Kenapa ya ?

Karena format partisi tidak sesuai.
Format partisi ada 2 MBR dan GPT. Apa itu MBR dan GPT ?

Kedua format partisi ini dibuat untuk suatu tujuan disesuaikan dengan firmware komputer yang tertanam di motherboard.

MBR (Master Boot Record)

Sistem partisi MBR dikenalkan pada tahun 1983 oleh IBM digunakan untuk Leagcy BIOS Firmware dengan kemampuan partisi hingga 2 Tb. MBR merupakan sektor boot khusus di awal disk yang berisi tentang loader OS dan informasi partisi disk logis.

GPT (Guid Partition Table)

Jenis partisi GPT memiliki kapasitas partisi hingga 9,4 Zettabyte ( krang lebih 9 milyar Tb. Waoo 😱.
Jenis partisi ini dikembangkan tahun 1990-an dan distandarisasi tahun 2010. Partisi inilah yang saat ini banyak digunakan oleh laptop-laptop keluaran baru terkait dengan kebutuhan kapasitas penyimpanan yang semakin besar.

Tunggu artikel berikutnya masih seputar MBR dan GPT 🙋

0/Post a Comment/Comments

Berikan komentar yang membangun, cantumkan identitas Anda (account e-mail) agar kami dapat follow up apa yang Anda inginkan ...
Terima Kasih atas komentar Anda !

Posting Lama

Posting Baru