Membuat Proteksi Lembar Kerja di MS. EXCEL 2007

Lama juga gak posting , apa kabar semuanya ? ...
Kali ini saya ingin membagi sedikit pengalaman bagi yang suka bekerja dengan Microsoft Excel khususnya versi 2007 cos agak bedza gitu dengan versi 2003 ...

Saat kita membuat sebuah lembar kerja untuk siswa, terkadang mungkin kita ingin memprotect sebagian lembar kerja sehingga siswa qta tidak dapat mengakses semua bagian lembar kerja .... ya biasanya hal ini dilakukan dengan tujuan supaya format/data yang ada tidak dapat diganti oleh siswa ....

Ok  lah langsung aja ...
1. Siapkan lembar kerja di MS. Excel 2007 ....


2. Klik Tab Review, Allow Users to Edit Ranges ...


3. Klik New pada kotak dialog yang muncul ...


4.  Isi pada isian Title, dengan judul range yang akan dibiarkan tidak terkunci utk diedit siswa,
5.  Isi pada isian Refers to cells, dengan alamat range yang dimaksud di no 4,
6.  Klik OK. Anda akan kembali ke kotak dialog no 2. Jika ingin menambahkan range baru klik New,
7.  Jika dirasa sudah cukup, klik Protect Sheet ... isikan password yg diinginkan beri centang pada select locked cells, select unlocked cells, edit objects dan edit scenarios.. klik OK, ulangi masukkan password klik OK lagi


  • Selesai, tinggal dicoba klik salah satu sel selain yang sel yang dirange pada point no 3, maka akan muncul kkomentar yang menunjukkan bahwa sel tersebut hanya read only saja ..
Selamat mencoba ...jangan lupa beri komentar ya ....







0/Post a Comment/Comments

Berikan komentar yang membangun, cantumkan identitas Anda (account e-mail) agar kami dapat follow up apa yang Anda inginkan ...
Terima Kasih atas komentar Anda !

Posting Lama

Posting Baru