Friday, March 16, 2018

Mengenal CLAY

Clay dalam arti sesungguhnya adalah tanah liat, namun selain terbuat dari tanah liat, clay juga ada yang terbuat dari bermacam-macam bahan tetapi adonannya memiliki sifat seperti tanah liat yang mudah dibentuk.

Saat ini tanah liat atau lempung sudah jarang ditemukan. Selain jarangnya tanah liat ini bisa ditemukan, dulu, jika kita mau membuat hasil kreasi seperti ini, kita harus rela untuk menyatu dengan pekatnya tanah liat yang kotor. Namun, sekarang tidak lagi. Saat ini, clay dibuat dengan bahan yang mudah didapat dan, tentunya, bersih dari kotoran. Bahannya hanya terbuat dari campuran tepung terigu, pengawet kue, dan lem.

Banyak hal yang dapat dijadikan hiasan rumah atau hadiah untuk orang-orang tercinta. Hadiah akan bermakna jika dibuat sendiri, salah satunya adalah membuat kreasi clay dari tepung kue dan sabun.

Jenis clay bermacam-macam, namun kerajinan tangan yang dibuat disini terbuat dari ‘tepung kue’dan juga 'sabun' Kelebihan dan keunikan clay dari tepung kue dan sabun adalah bahan dasar yang mudah didapat.

Selain dari tepung Clay dapat juga dibuat sendiri dengan material yang ada dirumah seperti dari bubur kertas, roti sisa , hasilnya tidak kalah bagus dengan Clay yang dijual dipasaran, hanya saja kekuatannya jelas berbeda.

Adapun untuk membuat clay dengan bahan dasar tepung komposisinya sebagai berikut :

Tepung Tapioka     20 gr
Tepung Beras         20 gr
Tepung Maizena    20 gr
Lem Putih               50 gr
Benzoat (pengawet makanan secukupnya untuk antisipasi tumbuhnya jamur)

Merk bebas, yang penting bahan tidak kadaluarsa, lem putih jangan langsung semua digunakan karena jika tekstur lem putih terlalu lembek akan susah untuk mendapatkan adonan yang kalis sehingga harus selalu menambah tepung.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di file berikut ini


No comments:

Post a Comment

Berikan komentar yang membangun, cantumkan identitas Anda (account e-mail) agar kami dapat follow up apa yang Anda inginkan ...
Terima Kasih atas komentar Anda !

Artikel Penting Lainnya ...