"Berbagi hal yang bermanfaat"

Friday, February 10, 2017

Cara Install Aplikasi di Eksternal Storage Android Marshmallow (Android 6.0) (Tanpa Root/PC/Aplikasi)




Bagi sobat yang menggunakan smartphone dengan versi Android Marshmallow mungkin ingin tahu bagaimana agar penyimpanan eksternalnya dapat dijadikan sebagai media penyimpanan utama termasuk untuk install aplikasi sehingga tidak semua aplikasi diinstall di internal storage.


Ada beberapa alasan kenapa kita menginginkan hal tersebut ....
  • Penyimpanan internal yang didapat terbatas misal 8 gb, maka sebetulnya dari 8 gb tidak semuanya dapat kita gunakan karena sudah terpakai untuk system.
  • Karena semua aplikasi menjadi satu dengan system menyebabkan smarphone menjadi cepat panas.
  • Media penyimpanan sangat terbatas ...dll....

Untuk itu ada baiknya kita menggunakan tambahan eksternal storage (dalam hal ini biasanya kapasitas maksimal masing-masing smartphone berbeda ada yang 16 gb, ada yg 32 gb dst ...Disarankan untuk menggunakan eksternal storage digunakan SD Memory di atas class 6 – class 10 dan merk SD Memory yang sudah terjamin kwalitasnya ...


Tulisan ini dibuat berdasarkan eksperimen saya dengan menggunakan Advan I5c dengan system operasi Android 6.0 dan eksternal storage transcend 8 gb class 6 dan sukses ....


Langkah –langkah yang digunakan adalah sebagai berikut :

  • Pasang eksternal memory di smartphone dan pastikan sudah kosong.
  • Buka setting Storage & USB



  • Tekan agak lama pada eksternal storage di bawah pilihan internal dan pilih option Format as Internal (tujuannya adalah supaya eksternal ini menjadi penyimpanan utama) dan otomatis SD Memory anda tidak boleh dilepas dari smartphone agar aplikasi bisa digunakan. Sebaliknya jika Anda ingin menjadikannya kembali sebagai penyimpanan portable yang dapat dilepas kapanpun Anda mau kembalikan dengan cara Format as Portable.






  • Ikuti langkah-langkahnya (mudah kog tinggal next-next aja ... dan pastikan baterai penuh atau bisa juga dengan cara dicharge (jika kapasitas ekternal besar).
  • Nach setelah selesai akan ada perintah untuk memindahkan media seperti foto ke eksternal.
  • Cek pada penyimpanan Storage & USB kapasitas penyimpanan menjadi bertambah sebesar eksternal yang ditambahkan dan otomatis pada saat membuka file manager maka yang terbuka hanya eksternal saja karena internal tidak lagi menjadi media penyimpanan utama dan hal ini menyebabkan system menjadi lebih aman.
Nach untuk langkah selanjutnya Anda tinggal memindahkan lokasi aplikasi non system dari internal ke eksternal.

Berikut secara garis besar langkahnya (sebetulnya mau divideoin tapi karena eksternalnya udah terformat selsei percobaan jadi gak memungkinkan wk ... wk ... maaf ya ...)

Tekan agak lama di internal storage, tekan tahan di Aps .. pilih aplikasi non system untuk dipindahkan ke eksternal contoh di gambar Kamus Offline, Anda perhatikan di gambar ketiga storage used yang digunakan oleh Kamus adalah Internal ... tekan change pilih eksternal storage klik move dan aplikasi akan berpindah beserta data ke eksternal ... gambar terakhir contoh tampilan aplikasi yang sudah pindah ke eksternal (maaf salah screenshot) tapi itu adalah contoh dan sudah sukses data juga berpindah semua ke eksternal.  











Selesai sudah, selamat mencoba khususnya para pengguna marshmallow karena belum dicoba di sistem lain ...

0 comment:

Post a Comment

Berikan komentar yang membangun, cantumkan identitas Anda (account e-mail) agar kami dapat follow up apa yang Anda inginkan ...
Terima Kasih atas komentar Anda !