Presentasi dengan Tablet PC

PC Tablet sebagai generasi baru perkembangan PC (Personal Computer) akhir-akhir ini sudah menjadi wabah yang tidak bisa dibendung lagi eksistensinya di berbagai kalangan pengguna komputer perorangan.
Sejak kali pertama di perkenalkan oleh Apple dengan versi Iphone maupun Ipad, kehadirannya mampu membuat terkesima khalayak, bahkan ada yang rela antre ber jam-jam didepan gerai Apple sejak pagi hari hanya untuk mendapatkannya disetiap release terbaru. Tidak kalah seru release yang dikeluarkan oleh vendor lainnya yang berbasis Android seperti Acer juga tidak mau ketinggalan dengan versi Acer Iconia maupun Samsung yang mengusung berbagai varian Galaxy Tab hingga Note. Bahkan vendor dari kalangan low end juga tidak kalah meriahnya saling berlomba untuk mendapatkan pasar PC Tablet yang memang masih terbuka sangat luas sampai sekarang.



Kini, di awal semester kedua tahun ini pengguna PC Tablet juga akan semakin dibuat ramai dengan akan keluarnya versi terbaru berbagai merk yang sudah ditunggu-tunggu oleh banyak kalangan. Tidak kalah menarik ternyata keberadaan PC Tablet membawa warna baru menyangkut cara pemakaian maupun fashionnya, selain berbagai fitur yang memudahkan dan memiliki fleksibilitas tinggi bagi siapapun yang menggunakannya.

Bagi kalangan profesional sudah barang tentu menjadi alternatif yang tidak bisa dihindarkan baik untuk demo, presentasi maupun berbagai bentuk forum lainnya. Kalau sebelumnya disetiap kesempatan selalu membawa PC Notebook atau Laptop untuk menunjang aktifitasnya, kini dengan kehadiran PC Tablet semakin menjadi lebih sederhana dan atraktif.

Pengguna PC Tablet tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur wireless built-in di dalamnya. Fitur ini dibeberapa varian PC Tablet biasanya digunakan untuk searching internet connection di area hot-spot yang tersedia selain digunakan untuk keperluan seperti koneksi sharing folder harddisk PC maupun keperluan lainnya. Salah satu pemanfaatan fitur wi-fi PC Tablet ternyata juga bisa digunakan untuk sarana koneksi ke LCD Projector maupun LCD Screen lainnya secara nirkabel.

Bagaimana caranya? 
Mungkin itu pertanyaan mendasar yang harus dijawab. Dibeberapa versi LCD Projector tipe tertentu memang sudah tertanam fungsi wi-fi di dalamnya jadi tidak masalah, tapi seperti kita tahu bahwa LCD Projector tipe ini harganya masih tergolong mahal. Bagaimana dengan LCD Projector lainnya yang kebanyakan belum terdapat fasilitas wi-fi built-in, apakah bisa juga digunakan ?
Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang cara pemanfaatan fasilitas wi-fi built-in yang terdapat disetiap PC Tablet untuk keperluan presentasi secara nirkabel menggunakan sembarang LCD Projector maupun LCD Screen lainnya. Menarik bukan?

Cara sederhana yang bisa dilakukan ini adalah memanfaatkan tekonologi Wireless Presentation System atau sering disingkat dengan WPS. Teknologi WPS ini sudah mulai dikenalkan oleh beberapa vendor di Indonesia, salah satunya mengadopsi teknologi dari Awind, merupakan vendor yang banyak menyuplai teknologi presentation system bagi perangkat Apple, meski sekarang juga sudah menyediakan yang berbasis Android.

WPS adalah sebuah peripheral yang berfungsi sebagai konverter dan penghubung antara LCD Projetor dengan PC Tablet secara wireless, sehingga data digital yang dipancarkan PC Tablet bisa terhubung dan ditampilkan secara live ke LCD Projector. Peripheral tambahan ini bisa dihubungkan atau dipasang di port VGA atau port PoVGA yang terdapat disetiap LCD Projector atau LCD Screeen. Setelah itu dengan instalasi sederhana di PC Tablet maunpun komputer konvensional lainnya yang mendukung wi-fi, maka koneksi ke WPS sudah bisa dilakukan. Langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi WPS sesuai kebutuhan.
Terdapat dua jenis WPS sesuai dengan kebutuhan pengguna, yang pertama adalah WPS yang bisa untuk dibawa secara mobile berbentuk dongle sebesar kurang lebih ibu jari dan yang kedua adalah tipe desktop dengan penggunaan secara menetap.

Keduanya mempunyai fitur yang menarik seperti :
  • Plug and Show
  • Easy used and installation
  • High Performance Wireless Projection and Audio Projection
  • High Quality Projection
  • Access Point Mode and AP Clients Mode
  • Compatible with any VGA Equipped Projectors or LCD TV
Dengan WPS, maka kegiatan presentasi bisa menjadi lebih atraktif dan dinamis seperti :
  • Presentasi secara live menggunakan PC Tablet cocok untuk MC, Moderator & Trainer
  • Presentasi secara bersaman pada satu layar hingga 4 unit PC
  • Presentasi secara bergantian pada satu layar tanpa memindah kabel
  • Presentasi secara berjauhan pada satu layar dengan tempat berbeda
Jadi dengan teknologi WPS ini sekarang kita bisa melakukan presentasi dengan cara dan pola baru yaitu touching screen via Tab langsung live ke LCD projector, kenapa tidak? Sehingga performa presentasi menjadi lebih menarik, karena sebagai presenter menjadi bisa lebih mobile dan atraktif di dalam ruangan presentasi karena tidak terkendala kabel, dan Tab selalu dalam genggaman.

Sekarang untuk dapat menggunakan teknologi friendly ini sudah hadir di kota Semarang, tepatnya di Semarang Computer Center (SCC) Simpang Lima lantai 5B nomor 15 di gerai Kaisoft Innovation Center. Disini kita bisa mendapatkan demo dan informasi lengkap menyangkut cara penggunaan dan pemilihan piranti WPS yang sesuai, termasuk update perkembangan terkininya.


Pada kesempatan ini Kaisoft menyediakan paket Basic modul presentasi WPS dengan pilihan harga menarik dan ekonomis :
WPS Dongle Rp. 2,500,000,-

WPS Desktop Rp. 3,000,000,- 

6/Post a Comment/Comments

Berikan komentar yang membangun, cantumkan identitas Anda (account e-mail) agar kami dapat follow up apa yang Anda inginkan ...
Terima Kasih atas komentar Anda !

  1. gambarnya bu...jadi lebih menarik, ok sy ke TKP

    BalasHapus
  2. keren buk.... , bu guru mau tanya ni kemarin udah buat blog v kok nggk bisa di searc enggine bu, bu guru tolong kasih pencerahan biar bisa di search kayak blognya bu guru...hehehe

    BalasHapus
  3. @ stmiklombokku .... supaya blog bisa terdeteksi oleh search engine caranya kita harus daftarkan ke webmasters bing, google, yahoo dan situs lainnya ... nach bisa belajar disini

    http://artikelkomputerku.blogspot.com/2008/12/010-mendaftarkan-blog-anda-ke-search.html

    BalasHapus
  4. salam sukses ibu
    ohya saya ma'in staff Kaisoft inovation center.
    mohon bisa kontak/ sms ke nomor saya ya 081542583001

    BalasHapus
  5. PoVGA Itu singkatan dan apa deskripsinya ya?

    BalasHapus
  6. PoVGA itu jenis port (hampir sama fungsinya dengan port vga)tempat colok kabel vga

    BalasHapus

Posting Komentar

Berikan komentar yang membangun, cantumkan identitas Anda (account e-mail) agar kami dapat follow up apa yang Anda inginkan ...
Terima Kasih atas komentar Anda !

Posting Lama

Posting Baru