Jumat, 18 Februari 2011

ALAMAT SEL DALAM MICROSOFT EXCEL

Alamat Sel Di Microsoft Excel

Penulisan alamat sel di Microsoft Excel ada 3 macam :
1.      Alamat Sel Relatif
Alamat sel yang akan berubah secara otomatis bila dicopykan ke sel lain.
Contoh :   Di sel C1 terisi rumus =A1+B1 maka jika rumus tersebut dicopy ke sel C2 rumusnya akan berubah menjadi =A2+B2. Jika rumus tersebut dicopy ke sel D2 rumusnya akan berubah menjadi =B1+C1.

2.       
      Alamat Sel Semi Absolut
Alamat sel yang salah satu dari kolom atau barisnya bernilai tetap/absolut/tidak berubah. Sehingga jika dicopy ke sel yang lain yang berubah hanya kolom atau baris yang bernilai relatif atau tidak tetap. (Nilai absolut ditandai dengan adanya simbol $ di awal baris/kolom)
Contoh :   Di sel C1 terisi rumus =$A1+B$1

                $A1 maksudnya adalah sel semi relatif, dimana yang bernilai relatif adalah barisnya, dan kolomnya bernilai absolut karena ada simbol $ di depan kolom A.
               
                B$1 maksudnya adalah sel semi relatif, dimana yang bernilai relatif adalah kolomnya, dan barisnya bernilai absolut karena ada simbol $ di depan baris 1.
     

3.      Alamat Sel Absolut
Alamat sel baik kolom atau barisnya bernilai tetap/absolut/tidak berubah. Sehingga jika dicopy ke sel yang lain nilainya tetap. Untuk memberi tanda absolut dapat digunakan tombol fungsi f4 setelah diketik alamat selnya.
Contoh :   Di sel C1 terisi rumus =$A$1+$B$1 maka jika dicopy ke sel manapun nilainya akan tetap =$A$1+$B$1 karena baik kolom maupun barisnya bernilai mutlak ditandai dengan adanya simbol dolar di depan kolom atau baris.
Alamat sel absolut biasanya digunakan pada fungsi lookup.

0 comment:

Ada kesalahan di dalam gadget ini